Dia adalah orang yang penuh kasih sayang dan perhatian, yang pernah saya kenal, tapi sepertinya kita bergerak dengan kecepatan yang berbeda, misalnya keinginan untuk melakukan sesuatu,  ketika membutuhkan waktu bersama, dengan orang lain, dan ketika sendirian. Mungkin ini benturan kepribadian kami ya introvert vs ekstrovert. Tapi saya tidak memungkiri rasa saling percaya, cinta, komunikasi kami cocok sekali. Bagaimana ya mbak memahami perbedaan kepribadian kami dalam kondisi berpasangan? ”
(Ryan, 30 tahun, supervisor)

Perbedaan kepribadian, Introvert dan Ekstrovert dalam hubungan romantis adalah hal yang wajar. Dapatkah mereka hidup dalam kebahagiaan? Mengapa tidak?

Perbedaan… Sebenarnya dalam setiap hubungan antar manusia akan selalu ada perbedaan. Entah dengan teman anda, sejawat kerja, adik-kakak ataupun anggota keluarga lainnya. Begitu juga ketika kita menjalin hubungan dengan seseorang. Perbedaan kepribadian, Introvert dan Ekstrovert dalam hubungan romantis adalah hal yang wajar. Dapatkah mereka hidup dalam kebahagiaan? Mengapa tidak? Penting untuk disadari seperti hal lainnya untuk menjalin hubungan jangka panjang, seperti rasa saling menghormati, kompromi, kasih sayang, dan empati sangatlah dibutuhkan. Mungkin saran berikut dapat membantumu memahami perbedaan kepribadian kalian ya:

Ingat saja bahwa Introversi dan Ekstroversi sebenarnya memiliki nilai yang sama. Nilai yang satu tidak lebih baik dari yang lain, kalian hanya berbeda. Begitu anda mengenali perbedaannya, hormati perbedaan yang ada dalam diri anda dan pasangan anda.

 

  • Ingat saja bahwa Introversi dan Ekstroversi sebenarnya memiliki nilai yang sama. Nilai yang satu tidak lebih baik dari yang lain, kalian hanya berbeda. Begitu anda mengenali perbedaannya, hormati perbedaan yang ada dalam diri anda dan pasangan anda. Tidak ada yang perlu merasa kesal, tidak perlu mendiamkan pasangan, tidak perlu merasa bersalah apalagi merasa malu dengan perbedaan yang kalian miliki.
  • Rangkullah perbedaan yang kalian miliki: Anggaplah Yin dan Yang, coba buat keseimbangan. Orang dengan kepribadian ekstrovert dapat membawa orang baru dan cakrawala baru ke dalam hidup anda. Orang yang introvert dapat menciptakan ruang damai di hati, pikiran dan kenyamanan hubungan. Perbedaan dapat meningkatkan kemesraan hubungan anda jika, tentu saja, anda mau mengusahakannya bersama pasangan anda daripada hanya melihat perbedaan sebagai gangguan.
Perbedaan dapat meningkatkan kemesraan hubungan anda jika, tentu saja, anda mau mengusahakannya bersama pasangan anda daripada hanya melihat perbedaan sebagai gangguan.
  • Buatlah bersama pasangan pedoman untuk bersosialisasi: Misalnya jika anda tidak ingin banyak bersosialisasi, maka pasangan ekstrovert anda berhak mendapatkan kebebasan untuk bersosialisasi solo, tidak perlu merasa bersalah. Dan jika anda menyukai percakapan yang mendalam dengan sahabat anda, apakah anda benar-benar membutuhkan pasangan anda di sana? Fleksibel dan buatlah pedoman tersebut demi hubungan kalian ya, bukan demi keuntungan masing-masing.
  • It’s ok ya sesekali anda berada di luar comfort zone anda: Cari tahu bagaimana membuat situasi terbaik bersama pasangan, karena anda tidak dapat menghindari semua hal yang tidak anda sukai. Mungkin bertemu orang baru lebih mudah jika anda sedang melakukan sesuatu. Misalnya ketika anda di kelas yoga atau pembukaan galeri, daripada anda hanya duduk-duduk hingga harus memaksakan membuat obrolan. Mungkin anda merasa lebih baik ketika akan menghadiri pesta jika anda dan pasangan setuju terlebih dahulu berapa lama kalian akan tinggal. Kemudian sampaikan secara asertif, bertanggung jawab dan tidak merengek. Hal yang sama berlaku juga untuk ekstrovert.

    It’s ok ya sesekali anda berada di luar comfort zone anda: Pertama, cari tahu bagaimana membuat situasi terbaik bersama pasangan, karena anda tidak dapat menghindari semua hal yang tidak anda sukai.
  • Pahami bagaimana smartphone bekerja dalam hubungan anda: Telepon genggam bisa menjadi sumber ketegangan dalam kehidupan berpasangan. Bagaimana anda dan pasangan anda menggunakan ponselnya masing-masing, misalnya ketika anda  di rumah anda selalu mematikan bunyi telepon anda, sedangkan pasangan anda yang Ekstrovert harus merasa up to date dengan kabar sekitarnya melalui telepon genggamnya. Bicarakan hal ini dari hati ke hati.
Pahami bagaimana smartphone bekerja dalam hubungan anda: Telepon genggam bisa menjadi sumber ketegangan dalam kehidupan berpasangan. Maksudnya? Lihat http://bit.ly/2wll2OU
  • Negosiasikan waktu tenang: Pastikan anda berdua, masing-masing mendapatkan kesendirian setiap harinya dengan cara yang kalian sepakati. Beberapa kali kesendirian penting bagi semua orang, terutama introvert. Anda berdua tidak perlu meminta maaf untuk hal ini, tapi kalian berdua harus memahami dan fleksibel akan hal itu. Misalnya ketika pasangan anda harus mendapatkan perhatian penuh anda ketika sedang bermasalah. Jika anda memiliki anak, anda berdua harus mengkompromikannya kembali bersama pasangan anda.
Advertisements