Simak lagi lanjutannya ya:

7. Apa ya yang dapat saya lakukan untuk menolong orang yang ingin bunuh diri? 
Ada orang yang bisa meminta bantuan ketika ingin bunuh diri ada juga yang tidak. Jika anda pernah tahu seseorang yang merasa ingin bunuh diri, carilah orang-orang yang bisa membantu, dan teruslah mencari sampai anda menemukan seseorang yang mau mendengarkan. Sekali lagi, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang merasa ingin bunuh diri adalah jika anda bertanya kepada mereka dan mereka memberi tahu anda. Orang yang ingin bunuh diri, seperti kita semua, membutuhkan cinta, pengertian dan perhatian. 

Jika seseorang yang anda kenal memberitahu anda bahwa mereka merasa ingin mengakhiri hidup mereka, yang terpenting adalah mendengarkan mereka. Kemudian dengarkan lagi. Katakan pada mereka “Saya tidak ingin anda mati”. Mintalah mereka untuk berjanji bahwa mereka tidak akan bunuh diri, dan jika mereka merasa ingin menyakiti diri mereka lagi, mereka tidak akan melakukan apapun sampai mereka dapat menghubungi anda, atau orang lain yang dapat mendukung mereka.

Bawa dan ajak mereka ke seseorang yang dapat membantu mereka dengan sangat efektif, seperti Pusat Kesehatan Masyarakat, Psikolog ataupun dokter yang memahami. Jika mereka sudah tampak sangat terbebani dan tidak mau berbicara , anda perlu membawa mereka ke gawat darurat rumah sakit. Jangan mencoba untuk “menyelamatkan” mereka atau untuk mengambil tanggung jawab sendirian, atau berusaha menjadi pahlawan. Anda bisa menjadi yang paling banyak membantu dengan memberi mereka bantuan yang mereka butuhkan, sementara anda terus mendukungnya dan ingat bahwa apa yang terjadi pada akhirnya adalah tanggung jawab mereka. Jangan mencoba menyelamatkan dunia di bahu anda sendiri.

Jika seseorang yang anda kenal memberitahu anda bahwa mereka merasa ingin mengakhiri hidup mereka, yang terpenting adalah mendengarkan mereka. Kemudian dengarkan lagi.

8. Apakah saya berisiko akan melakukan bunuh diri ya? 
Ini mungkin dapat dijadikan latihan pencegahan bunuh diri yang cepat: pikirkan daftar 3 orang yang mungkin dapat anda ajak bicara jika anda merasa tidak memiliki orang lain untuk berpaling, dimulai dengan yang paling banyak. Orang yang anda sukai di bagian atas daftar. Buatlah sebuah “kontrak tanpa bunuh diri” dengan diri anda sendiri dan berjanji bahwa jika anda pernah merasa ingin bunuh diri, anda akan mendatangi masing-masing orang dalam daftar tersebut dan memberi tahu mereka bagaimana perasaan anda. Jika seseorang tidak mendengarkan, anda akan terus berjalan sampai menemukan seseorang yang akan mendengarkan. Banyak pelaku usaha bunuh diri sangat tertekan sehingga mereka tidak dapat melihat ke mana pun ketika merasa di tengah krisis.

Bunuh diri seringkali sangat traumatis bagi teman dan anggota keluarga yang masih hidup, meski orang yang ingin melakukan bunuh diri sering berpikir bahwa tidak ada yang peduli dengan mereka.

9. Seperti apa sebenarnya bunuh diri dapat mempengaruhi teman dan anggota keluarga? 
Bunuh diri seringkali sangat traumatis bagi teman dan anggota keluarga yang masih hidup, meski orang yang melakukan bunuh diri sering berpikir bahwa tidak ada yang peduli dengan mereka. Selain perasaan sedih biasanya ada juga rasa bersalah, marah, dendam, penyesalan, kebingungan dan tekanan besar atas masalah yang belum terselesaikan. Mereka sering merasa gagal karena seseorang yang sangat mereka sayangi telah memilih untuk bunuh diri, dan mungkin juga takut membentuk hubungan baru karena rasa sakit yang mereka alami melalui hubungan dengan orang yang telah menyelesaikan bunuh diri.

Penting juga untuk disadari, orang dapat bermasalah secara emosional karena situasi bunuh diri seseorang yang dekat dengan mereka, kita juga bisa memberikan dukungan moral agar mereka  tidak hancur karena orang terdekat mereka melakukan bunuh diri. Mereka yang terpikirkan untuk bunuh diri juga lebih mungkin membutuhkan pemahaman daripada kita memberikan ceramah tentang tanggung jawab kepada mereka. Pada akhirnya, kita akan membantu calon pelaku bunuh diri, korban bunuh diri yang selamat dan anggota keluarga terdekat mereka untuk dapat mengatasi masalah mereka dengan lebih baik.

 Konseling dan bantuan lain yang tepat dapat menjadi bantuan yang luar biasa untuk mengurangi beban intens dari perasaan yang belum terselesaikan yang sering dirasakan oleh pelaku bunuh diri yang selamat dan orang terdekat mereka.

Konseling dan bantuan lain yang tepat dapat menjadi bantuan yang luar biasa untuk mengurangi beban intens dari perasaan yang belum terselesaikan yang sering dirasakan oleh pelaku bunuh diri yang selamat dan orang terdekat mereka.

 

10. Ah biarkan saja jika seseorang ingin bunuh diri, rugi sendiri mereka. Bukannya begitu? 
Kita semua memang bertanggung jawab atas tindakan dan pilihan hidup kita masing-masing. Dalam arti tertentu, seseorang mungkin memiliki hak untuk melakukan apa yang mereka inginkan dengan hidup mereka, termasuk untuk mengakhirinya jika mereka menginginkannya. Orang yang merasa kesepian, terisolasi, tertekan dan putus asa tentang masa depan mereka dapat merasa kesulitan untuk mengenali hubungan suportif yang mungkin ada di sekitar mereka. Hal ini sering menyebabkan mereka meremehkan tingkat dukungan yang dapat diperoleh dari orang-orang di sekitar mereka, dan dampaknya mereka menjadi sangat kesulitan untuk memahami diri mereka sendiri. Penting sekali jika kita mengembangkan kemampuan empati dengan keinginan seseorang yang ingin bunuh diri.

Stigma seputar bunuh diri juga dapat membuat sangat sulit bagi korban yang selamat untuk mengatasi kesedihan mereka, hingga dapat menyebabkan mereka merasa semakin terisolasi. Korban selamat sering menemukan bahwa orang-orang melihat mereka dengan cara  berbeda setelah mereka mencoba bunuh diri, dan mungkin sangat enggan untuk membicarakan apa yang telah terjadi karena takut dihakimi.  

Stigma seputar bunuh diri juga dapat membuat sangat sulit bagi korban yang selamat untuk mengatasi kesedihan mereka, hingga dapat menyebabkan mereka merasa semakin terisolasi.
Advertisements