Pernahkah anda menyempatkan diri untuk mensyukuri hidup yang anda miliki? Hal ini seringkali membuat saya berpikir untuk mengajak anak-anak mengapresiasi apa yang mereka miliki hingga dapat mensyukurinya setiap hari. Penelitian psikologi menunjukkan bahwa orang yang dapat mensyukuri hidupnya lebih mudah untuk merasa bahagia. Konsep Bersyukur bisa jadi abstrak untuk banyak anak bahkan remaja. Coba lihat beberapa tips berikut untuk menanamkan sikap syukur pada anak-anak Anda: 

Usahakan untuk membuat waktu yang teratur bersama anggota keluarga anda bersyukur mengenai sesuatu dalam hidup mereka. Mengungkapkan rasa syukur sebagai bagian dari rutinitas dapat memperkuat kemampuan anak untuk tidak mudah mengeluh.
  • Cobalah untuk menjadikan perilaku bersyukur sebagai suatu kebiasaan. Usahakan untuk membuat waktu yang teratur bersama anggota keluarga anda bersyukur mengenai sesuatu dalam hidup mereka. Mengungkapkan rasa syukur sebagai bagian dari rutinitas dapat memperkuat kemampuan anak untuk tidak mudah mengeluh.
  • Tekankan penggunaan kata Terima Kasih untuk menunjukkan rasa syukur. Berkomunikasilah dengan anak-anak anda bahwa mengucapkan terima kasih tidak hanya sekedar bagian dari kesopanan tetapi juga untuk mengapresiasi kebaikan yang kita dapatkan dan rasakan.
  • Cobalah untuk menemukan cara untuk mengekspos anak-anak anda pada beragam budaya, pandangan yang berbeda dan pengalaman hidup. Salah satu manfaat terbesar dari anak-anak melihat bagaimana cara orang lain hidup akan dapat memberi mereka perspektif dan rasa bagaimana kehidupan mereka dibandingkan dengan orang lain, yang dapat memunculkan apresiasi kritis anak akan berkembang. Jangan lupa, ajak anak anda mendiskusikannya secara terbuka.
Tekankan penggunaan kata Terima Kasih untuk menunjukkan rasa syukur. Berkomunikasilah dengan anak-anak anda bahwa mengucapkan terima kasih tidak hanya sekedar bagian dari kesopanan tetapi juga untuk mengapresiasi kebaikan yang kita dapatkan dan rasakan.
  • Mengingatkan anak pada jasa pahlawan ataupun orang yang telah tiada dan kebaikan yang telah mereka lakukan untuk kebaikan bersama. Lakukanlah dengan membuat catatan terima kasih, dan menghormati mereka pada hari-hari peringatan. Salah satu latihan yang  dapat anak lakukan adalah membantu mereka menghargai para pahlawan pada Hari Pahlawan adalah bercerita sambil mengunjungi taman makam pahlawan. Ucapkan rasa syukur pada mereka yang telah berjuang dan wafat demi kebaikan bangsanya.
  • Beritahu pasangan anda dengan cara yang nyata bahwa anda menghargai dan berterima kasih atas apa yang mereka lakukan dan untuk kehadiran mereka. Komunikasi dari hati antara orang tua di depan anak-anak, menunjukkan bahwa orang tua menghargai satu sama lain.
  • Menawarkan bantuan pada teman-teman, kerabat dan anggota keluarga yang membutuhkan. Jika tetangga anda sakit, tawarkan untuk membuatkan mereka makanan. Ini menunjukkan kesediaan anda untuk memberikan waktu pada orang lain, walaupun mungkin mereka belum tentu menerima tawaran anda untuk membantu.

 

Ajak anak anda menawarkan diri dengan hal kecil, untuk membantu mereka yang membutuhkan di sekitar kita sehari-hari. Contoh memegangi pintu untuk orang lain atau memberikan bangku kita di bis untuk orangtua. Tindakan ini akan menjadikan contoh bagi anak anda bahwa berbuat kebaikan, sekecil apapun juga merupakan bagian dari rasa syukur.
  • Berterima kasih pada anak anda bahwa anda menghargai tindakan kebaikan mereka. Misalnya; jika anak anda yang lebih tua membantu adiknya dengan pekerjaan rumah. Anda dapat mengatakan “Mama atau papa sangat bahagia melihatmu  membantu adikmu”.
  • Ajak anak anda untuk memberikan donasi kepada orang lain yang kekurangan secara teratur. Saya tidak menyarankan untuk  menyumbangkan uang dalam jumlah besar atau membuat kontribusi keuangan. Sumbangan dapat berupa pakaian dan mainan yang masih layak pakai namun tidak lagi berguna untuk keluarga anda. Minta anak anda untuk memastikan barang -barang tersebut berada dalam kondisi baik. Hal ini mengirimkan pesan bahwa berbagi merupakan bagian dari rasa syukur.
Ajak anak anda untuk memberikan donasi kepada orang lain yang kekurangan secara teratur. Minta anak anda untuk memastikan barang -barang tersebut dalam kondisi baik. Hal ini mengirimkan pesan bahwa berbagi merupakan bagian dari rasa syukur. Apalagi tips bersyukur bersama anak lainnya? Lihat di http://bit.ly/2p82rTn
  • Bila memungkinkan, ajak anak anda menawarkan diri dengan hal kecil, untuk membantu mereka yang membutuhkan di sekitar kita sehari-hari. Contoh memegangi pintu untuk orang lain atau memberikan bangku kita di bis untuk orangtua. Tindakan ini akan menjadikan anda contoh bagi anak anda bahwa berbuat kebaikan, sekecil apapun juga merupakan bagian dari rasa bersyukur.
  • Cobalah untuk tidak mengharapkan anak anda akan dapat secara independen menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan untuk apa yang anda berikan pada mereka dalam waktu dekat. Seiring waktu, mungkin tahun, mereka akan mengembangkan apresiasi untuk anda dan lingkungan sekitarnya hingga menyadari betapa beruntungnya mereka. Sebagai anak-anak, remaja hingga menjadi dewasa, kemampuan mereka untuk menyampaikan penghargaan dan terima kasih akan muncul. Sampai saat itu tiba, sebagai orangtua pekerjaan anda adalah untuk menanam bibit dengan memberikan contoh perilaku ini dan menjadikannya bagian dari ritual keluarga sehari-hari. Bersabarlah dan hargai diri anda sebagai orang tua yang mendidik untuk kebaikan anak-anak anda dan dunia di sekitar anda dan mereka.
Advertisements