Dalam kehidupan sehari-hari kita semua dapat mengalami permasalahan hidup. Adakalanya masalah menjadi terasa begitu berat hingga mengganggu keseharian hidup anda dan anda merasa takut untuk mengatakannya pada orang terdekat anda, atau anda merasa orang disekitar anda tidak dapat memahami masalah yang sedang anda hadapi. Bahkan mungkin mereka menganggap remeh masalah anda. Ketika situasi dan kondisi di atas anda alami, tidak ada salahnya jika anda memutuskan untuk berkonsultasi dengan psikolog. 

Businessman questions
Apa saja yang penting untuk anda sampaikan pada psikolog yang anda kunjungi: Psikolog yang tepat bagi anda akan memahami betapa sulitnya membicarakan perasaan dan pikiran anda yang terasa kacau dan membingungkan diri anda sendiri.

 

Jadi apa saja yang penting untuk anda sampaikan pada psikolog yang anda kunjungi:

  1. Psikolog yang tepat bagi anda akan memahami betapa sulitnya membicarakan perasaan dan pikiran anda yang terasa kacau dan membingungkan diri anda sendiri. Ketakutan untuk dinilai mengalami penyakit jiwa atau dianggap aneh dan tidak normal bahkan oleh psikolognya seringkali dialami klien. Datang dan sampaikan saja apa adanya, walaupun anda merasa tidak memiliki cara atau kalimat yang tepat untuk menyampaikannya.
  2. Jika ada pemikiran keinginan untuk bunuh diri yang tidak anda sampaikan pada siapapun ataupun perilaku yang dapat merugikan orang sekitar anda, jangan tunda lagi untuk menyampaikan beban pikiran anda pada psikolognya.
ps6
Tidak usah ragu menyampaikan hal-hal kecil atau spesifik yang menganggu pikiran dan keseharian hidup anda pada psikolognya. Mungkin hal kecil tersebut terkesan remeh, namun hal ini dapat melegakan diri anda.

3. Tidak usah ragu menyampaikan hal-hal kecil atau spesifik yang menganggu pikiran dan keseharian hidup anda. Mungkin hal kecil tersebut terkesan remeh, namun hal ini dapat melegakan diri anda dari kecemasan yang anda simpan sendiri.

4. Buat satu orang, satu permasalahan bisa saja tidak sulit dihadapi sendiri. Namun tidak demikian halnya jika satu masalah tersebut anda yang menghadapi. Hal ini tidak menandakan anda orang yang tidak kuat menghadapi kehidupan. Justru hal ini menampilkan kekuatan diri untuk menghadapi masalah kehidupan anda sendiri. Jadi sampaikan saja masalahnya.

ps4
Bahkan jika hal yang ingin anda sampaikan pada psikolognya terkesan aneh, bodoh, memalukan, ataupun menakutkan. Jangan ragu untuk anda sampaikan saja.

5. Bahkan jika hal yang ingin anda sampaikan bagi diri anda terkesan aneh, bodoh, memalukan, ataupun menakutkan. Jangan ragu untuk anda sampaikan saja.

6. Penting untuk diketahui, bahwa pemikiran menakutkan bukan berarti anda akan melakukannya atau akan terjadi hal buruk jika anda menyampaikan pada psikolog tentang pikiran anda.

Psikolog yang tepat dan cocok untuk anda tidak akan menghakimi pemikiran dan permasalahan yang anda hadapi; siapapun anda, apapun profesi anda serta apapun pilihan hidup anda.

7. Psikolog yang tepat dan cocok untuk anda tidak akan menghakimi pemikiran dan permasalahan yang anda hadapi. Siapapun anda, apapun profesi anda, hingga apapun pilihan hidup anda.

8. Ambil nafas panjang, putuskan apa yang terbaik yang ingin anda lakukan untuk diri anda. Berikan kekuatan pada rasa takut dan keraguan anda untuk berkunjung ke psikolog. Hayo hadapi masalah anda, jangan diam saja, apalagi dengan masalah yang berlarut-larut.

Advertisements