Bagi sebagian orang akan mengatakan; “apa sulitnya sih tidur, kepala kena bantal juga langsung tidur.” Sayangnya untuk sebagian orang terkadang tidak semudah itu. Memang untuk tiap orang kebutuhan waktu tidur bisa berbeda-beda, tetapi tidur lebih dari 8 jam bisa kurang baik, begitu juga jika kurang dari itu. Hal yang wajar koq jika sesekali kita mengalami kesulitan tidur atau Insomnia. Coba tips berikut ini untuk membantu menyenyakkan tidur anda:

sl2
Tetapkan jadwal tidur yang sama setiap harinya. Usahakan untuk tidur di waktu yang sama dan bangun diwaktu yang sama pula. Begitu juga pada akhir minggu.

1. Tetapkan jadwal tidur yang sama secara fleksibel setiap harinya. Usahakan untuk tidur di waktu yang kurang lebih sama dan bangun diwaktu yang kurang lebih sama pula. Begitu juga pada akhir minggu. Jadwal tidur yang sangat berbeda-beda dapat membawa kita mengalami Insomnia. Namun, jika sesekali sebelum waktu tidur anda sudah lelah dan mengantuk, ya tidak mengapa jika tidur. Hal ini lebih baik daripada anda sering menahan kantuk.

2. Berolahragalah. Cobalah untuk berolahraga paling tidak 20 hingga 30 menit dalam sehari. Namun jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur anda (sekitar 2 jam sebelum waktu tidur).

 

sl3
Berolahragalah. Cobalah untuk berolahraga paling tidak 20 hingga 30 menit dalam sehari. Namun jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur anda (sekitar 2 jam sebelum waktu tidur).

3. Hindari kafein, nikotin, alkohol dan makanan. Semuanya ini dapat menjadi stimulan yang membuat seseorang tetap terjaga. Usahakan untuk tidak mengkomsumsi salah satu atau semuanya paling tidak 6 jam sebelum waktu tidur anda. Tentu saja tidak mengkonsumsi makan besar paling tidak 2 jam sebelum waktu tidur.

4. Buatlah ritual sebelum tidur yang menenangkan. Anda bisa mencoba untuk mandi atau berendam atau mandi dengan air hangat, membaca bacaan ringan atau hal lain yang anda sukai yang dapat menenangkan sehingga memudahkan anda tertidur. Latih hal-hal tersebut hingga menjadi kebiasaan menjelang waktu tidur.

sl6
Gelapkan kamar tidur anda. Menurut penelitian bahwa ruangan yang gelap dapat memudahkan tidur. Bahkan sinar kecil dari telepon genggam anda dapat mengurangi kualitas tidur seseorang.

5. Tidur hingga matahari terbit. Jika memungkinkan, bangunlah ketika matahari terbit. Sinar matahari membantu tubuh mengulang jam biologis tubuh kita setiap harinya.

6. Gelapkan kamar tidur anda. Menurut penelitian bahwa ruangan yang gelap dapat memudahkan tidur. Bahkan sinar kecil dari telepon genggam anda dapat mengurangi kualitas tidur seseorang.

sl5
Jangan berbaring di tempat tidur jika tak kunjung tertidur juga. Coba lakukan hal lain, misalnya membaca, mendengarkan musik atau melakukan meditasi hingga kita merasa rileks. Kecemasan karena kesulitan tidur dapat berkontribusi terhadap Insomnia.

7. Jangan berbaring di tempat tidur jika tak kunjung tertidur juga. Coba lakukan hal lain, misalnya membaca, mendengarkan musik atau melakukan meditasi hingga kita merasa rileks. Kecemasan karena kesulitan tidur dapat berkontribusi terhadap Insomnia. Langsung kembali ke tempat tidur jika sudah mulai mengantuk, jangan biarkan diri anda tertidur di tempat lain atau ruangan lain.

8. Temui psikolog. Jika kesulitan tidur anda terus berlangsung dan hal-hal diatas sudah sulit dilakukan dan tidak dapat membantu, temui psikolog yang dapat membantu anda.

 

Advertisements