Memperbaiki patah hati tidaklah pernah mudah bagi banyak orang. Tidak ada cara cepat untuk menghentikan rasa kecewa dan kesedihan yang luar biasa. Namun, berhenti mencintai juga bukan suatu pilihan. Apalagi untuk anda yang menginginkan hubungan jangka panjang. Jadi bagaimana ya melewati rasa sakit dan sedih di hati kala patah hati:

me1
Jika anda merasa bersedih karena putus cinta, berikanlah diri anda waktu untuk bersedih dengan terus menghadapi perasaan-perasaan anda.

1. Terobos rasa sakit dihati anda, bukan sekedar mengelilingi rasa sakit hati anda.
Mungkin ini hal yang paling sulit yang harus dilakukan oleh orang yang baru patah hati, tetapi ini harus dilalui, tidak ada jalan pintas. Jadi jika anda merasa bersedih karena putus cinta, berikanlah diri anda waktu untuk bersedih dengan terus menghadapi perasaan-perasaan anda. Jangan biarkan ketika anda teringat rasa sakit yang anda rasakan, anda malah memilih lari dari perasaan tersebut. Maksudnya? Coba lihat juga blog post sebelumnya dengan judul Mitos Cara Menghadapi Kesedihan, Mengapa Cara-Cara ini Malah Memperburuk Situasi Ya?

2. Lepaskan dan rayakan kemandirian anda.
Berusaha mengisi kekosongan yang anda rasakan setelah putus cinta, tidak perlu anda lakukan dengan terburu-buru mencari pasangan baru atau malah berusaha terlalu keras untuk mendapatkan cinta lama anda kembali. Ketergantungan pada pasangan akan dapat membuat anda mudah merasa cemas dan takut kehilangan. Kebahagiaan haruslah berawal dari diri sendiri, jadi ketika anda sedang putus cinta, cobalah untuk menikmati kesendirian anda dahulu.

 

me3
Coba kenali dan tuliskan kekuatan diri yang anda miliki. Anda juga dapat menulis tentang kemampuan anda di masa lalu ketika berhasil melewati masalah berat.

3. Buatlah daftar kekuatan diri anda.
Coba kenali dan tuliskan kekuatan diri yang anda miliki. Anda juga dapat menulis tentang kemampuan anda di masa lalu ketika berhasil melewati masalah berat. Daftar ini dapat membantu anda mengingatkan diri anda, bahwa anda memiliki kemampuan untuk melalui pengalaman patah hati anda saat ini.

4. Tertawa dan menangislah.
Tidak usah ragu untuk melakukan keduanya, walaupun mungkin tidak sekaligus ya. Cobalah untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat membuat anda tertawa. Anda bisa mencoba melakukan hal-hal konyol (tidak usah mencemaskan akan terlihat bodoh, selama tidak merugikan orang lain ya), jika selepas melakukan hal konyol tersebut anda masih ingin menangis karena teringat kisah lama cinta anda, menangis saja, tidak usah ragu.

5. Berolahragalah.
Berolahraga juga dapat membantu anda untuk mengurangi rasa sedih anda. Lakukanlah olahraga yang menyenangkan bagi anda seperti berenang atau bahkan muaythai. Secara fisiologis, berolahraga akan dapat membantu otak manusia melepaskan serotonin yang dapat menstimulasi perkembangan sel otak hingga tingkatan emosional seseorang.

 

me6
Tidak dipungkiri pada awal putus hubungan kita mungkin akan merasa takut dan cemas akan masa depan. Cobalah untuk memaafkan mantan pasangan anda, diri anda sendiri dan hubungan yang tidak dapat berlanjut.

6. Ciptakan dunia baru.
Ini sering sulit dilakukan karena anda dengan mantan pasangan misalnya bekerja di tempat yang sama atau teman-temannya adalah teman anda juga. Walaupun sulit namun hal ini dapat anda lakukan. Anda dapat mengikuti hal-hal yang mungkin anda sukai namun belum pernah anda coba sebelumnya. Seperti mencoba ikut kelas yoga, kelas melukis atau klub membaca. Segera programkan diri anda untuk memulai awal baru tanpa dirinya.

7. Temukan harapan dalam diri anda.
Tidak dipungkiri pada awal putus hubungan kita mungkin akan merasa takut dan cemas akan masa depan. Cobalah untuk memaafkan mantan pasangan anda, diri anda sendiri dan hubungan yang tidak dapat berlanjut. Memaafkan akan dapat membantu anda memikirkan adanya harapan untuk melanjutkan kehidupan anda.

Advertisements