Siapa ya sebenarnya yang mengatakan hari Valentine hanya diperuntukkan bagi yang berpasangan? Cinta tidak hanya untuk yang berpasangan. Valentine bisa menjadi kesempatan kita untuk merayakan cinta dalam artian yang lebih luas, tidak sekedar makan malam romantis berdua loh. Kita semua memiliki cinta di hati kita, dengan orang-orang terdekat kita seperti orangtua, saudara, sahabat dan mungkin binatang peliharaan anda. Atau anda merasa tidak memiliki siapapun? Paling tidak anda memiliki diri anda sendiri, jangan mengasihani diri anda yang sedang sendirian tetapi cintailah diri anda.

val1
Siapa ya sebenarnya yang mengatakan hari Valentine hanya diperuntukkan bagi yang berpasangan? Kita semua memiliki cinta di hati kita, dengan orang-orang terdekat kita seperti orangtua, saudara, sahabat dan mungkin binatang peliharaan anda.

Sebaiknyalah kebahagiaan tidak kita andalkan dari pasangan romantis semata. Kebahagiaan sebaiknya muncul dari diri sendiri terlebih dahulu. Hal ini berkaitan dengan kesadaran diri kita ketika memperhatikan sekitar kita, mengambil keputusan, mengontrol hingga menjalankan apa yang ada dalam pikiran maupun bahasa tubuh yang ingin kita tampilkan. Jika kesadaran diri ini dapat anda pahami, akan lebih mudah bagi anda untuk merasa bahagia hingga bangkit dari kesedihan. Baca juga ya artikel Mitos umum Tentang Kebahagiaan… Apa Betul Anda Sudah Bahagia?

val3
Kebahagiaan sebaiknya tidaklah kita andalkan dari pasangan romantis semata. Kebahagiaan sebaiknya muncul dari diri sendiri terlebih dahulu.

Beberapa hal dibawah ini mungkin dapat menjadi cara bagi anda si single atau si jomblo untuk melihat hari Valentine dengan cara yang berbeda:

1. Berikan cinta pada yang membutuhkannya. Mungkin banyak juga yang merasa kesepian dan sebal melihat orang lain yang merayakan Valentine bersama pasangan. Pada kenyataannya, bukan anda saja yang kesepian di dunia ini. Valentine dapat menjadi waktu yang tepat untuk mengingatkan cinta pada seseorang dan memberikannya pada yang membutuhkannya. Anda bisa mengunjungi nenek anda yang tinggal sendiri dan sudah lama tidak anda kunjungi dan membawakannya sekotak coklat. Anda juga bisa mendonasikan boneka masih layak milik anda dan teman-teman anda pada panti asuhan anak-anak. Menurut penelitian psikologi positif; orang yang mau memperhatikan kesejahteraan orang atau makhluk hidup lainnya melalui perilaku membantu, memperhatikan ataupun merawat akan lebih mudah untuk merasa bahagia.

val2
Mungkin banyak orang merasa kesepian dan sebal melihat orang lain yang merayakan Valentine bersama pasangan. Pada kenyataannya, bukan anda saja yang kesepian di dunia ini. Valentine dapat menjadi waktu yang tepat untuk mengingatkan cinta pada seseorang dan memberikannya pada yang membutuhkannya. Menurut penelitian psikologi positif; orang yang mau memperhatikan kesejahteraan orang atau makhluk hidup lainnya melalui perilaku membantu, memperhatikan ataupun merawat akan lebih mudah untuk merasa bahagia.

2. Rayakan rasa cinta yang ada di dalam hati kita. Daripada anda terfokus pada tiadanya pasangan, rasakan perasaan cinta yang ada dalam hidup anda saat ini. Jika anda seorang single parent, anda dapat melakukan kegiatan bersama anak-anak anda yang mungkin biasanya sulit anda lakukan karena anda sibuk bekerja. Jika anda merasa tidak dapat merayakan Valentine dengan siapapun, lakukan saja dengan diri anda sendiri misalnya mencoba membuat kue kesukaan anda yang biasanya anda beli. Atau cobalah menanam tanaman dalam pot kecil dan biarkan tanaman tersebut tumbuh. Bersyukurlah akan rasa cinta yang ada dalam diri kita sendiri. Bahwa anda masih memiliki kesempatan dalam hidup ini untuk merasakannya di hati anda.

val4
Bersyukurlah akan rasa cinta yang ada dalam diri kita sendiri. Bahwa anda masih memiliki kesempatan dalam hidup ini untuk merasakannya di hati anda.

3. Sentuhan bagi diri sendiri.  Penelitian psikologi menunjukkan perilaku memeluk diri sendiri bisa memberikan perasaan dicintai. Mungkin ini terdengar aneh, namun memberikan sentuhan yang nyaman pada diri sendiri akan mengaktivasi sistem saraf parasimpatis pada otak anda yang dapat membantu anda untuk menenangkan diri. Anda bisa mencoba merencanakan sehari di spa sendiri ataupun bersama sahabat anda dan biarkan diri anda mendapatkan sentuhan yang menyamankan diri anda.

Advertisements