Banyak sebetulnya hal-hal yang menyehatkan mental seseorang. Berolahraga, mengembangkan hobi, travelling dan lainnya lagi. Namun, masih banyak orang belum menyadari bahwa membaca bisa menjadi sangat menyenangkan dan dapat anda lakukan dimana saja. Dengan berkembangnya teknologi, anda tidak hanya dapat membaca buku kertas. Anda juga dapat membaca e-books, blog, situs ilmu pengetahuan ataupun jika mata anda terasa lelah, anda juga bisa mendengarkan orang lain membacakan buku untuk anda melalui audiobook ataupun podcast.

re3
Dengan berkembangnya teknologi, anda tidak hanya dapat membaca buku kertas. Anda juga dapat membaca e-books, blog, situs ilmu pengetahuan ataupun jika mata anda terasa lelah, anda juga bisa mendengarkan orang lain membacakan buku untuk anda melalui audiobook ataupun podcast.

Mengajak anak membaca juga dapat meningkatkan kecerdasan dan daya imajinasi anak. Bahkan membaca dapat membantu anak yang mengalami pengalaman traumatik. Untuk membantu mereka menghadapi masalah psikologis yang mereka hadapi. Bersama anak, anda dapat membaca buku dengan suara keras dan mengajak anak melakukan tanya jawab ringan setelah membaca bersama. Hal ini dapat meningkatkan daya berpikir anak maupun anda loh sebagai orangtua ataupun siapa saja yang membaca bersama anak tersebut! Tentu saja lakukan dengan fun ya!

re2
Mengajak anak membaca juga dapat meningkatkan kecerdasan dan daya imajinasi dan daya kritis anak. Bahkan membaca dapat membantu anak yang mengalami pengalaman traumatik menjadi lebih baik.

Ada saja orang yang membaca agar dianggap keren, ingin dianggap terpelajar dengan membaca buku-buku literatur dengan subjek yang sulit bukan karena ingin bertambah cerdas. Ataupun membaca dianggap sebagai tugas sekolah ataupun tugas kerja. Sebenarnya apapun pilihan buku serta latar belakang anda memilih sebuah buku, bukanlah hal yang terlalu penting. Anda juga tidak perlu malu jika anda ingin membaca buku yang tidak populer ataupun buku dengan subjek yang tidak umum atau bahkan kampungan. Hal terpenting adalah membaca harus menjadi hal yang menyenangkan dan menambah rasa penasaran anda dengan berbagai hal dalam kehidupan ini.

re4
Paling tidak 5 – 10 menit saja dalam sehari anda sempatkan untuk membaca, akan sangat baik bagi kesehatan mental anda. Apalagi jika ditambah, jadikanlah membaca buku suatu kebiasaan dalam kehidupan anda.

Mungkin anda cukup sering mendengar teman-teman atau orang-orang disekitar anda merasa kesulitan untuk memiliki atau mencari waktu untuk membaca. Sepertinya membaca sudah menjadi kemewahan tersendiri yang tak terbeli lagi. Padahal paling tidak 5 – 10 menit saja dalam sehari anda sempatkan untuk membaca, akan sangat baik bagi kesehatan mental anda. Apalagi jika ditambah, jadikanlah membaca buku suatu kebiasaan dalam kehidupan anda.

re1
Sebenarnya apapun pilihan buku serta latar belakang anda memilih sebuah buku, bukanlah hal yang terlalu penting. Hal terpenting adalah membaca harus menjadi hal yang menyenangkan dan menambah rasa penasaran anda dengan berbagai hal dalam kehidupan ini.

Menurut penelitian tahun 2016 oleh Universitas Yale, membaca bahkan dapat menyehatkan mental seseorang sehingga usia hidup seseorang menjadi lebih lama. Hal ini terjadi karena kemampuan kognitif seseorang yang berkembang karena membaca ternyata berhubungan dengan usia yang lebih lama. Yuk, mulai sempatkan diri anda untuk membaca!

Advertisements