Ada orang yang dapat menikmati pekerjaannya, ada yang juga yang mengalami kesulitan untuk menikmatinya. Jika kita tidak menyukai pekerjaan kita, bisa saja kita mencoba mencari pekerjaan di tempat lain. Sayangnya dalam kondisi ekonomi yang tak menentu saat ini, bukan hal yang mudah mencari pekerjaan yang betul-betul cocok. Jika saat ini anda merasa tidak bahagia dalam pekerjaan anda, ada cara-cara yang dapat anda terapkan untuk bisa menikmati pekerjaan anda. Kebahagiaan baru dapat muncul ketika kita merubah perspektif. Jika kita terfokus pada hal-hal yang tidak kita miliki dalam pekerjaan, anda akan mudah terfokus pada negativitas pekerjaan anda. Coba lihat cara yang mungkin dapat membantu anda merubah cara pandang anda dalam pekerjaan:

of4
Kebahagiaan baru dapat muncul ketika kita merubah perspektif. Jika kita terfokus pada hal-hal yang tidak kita miliki dalam pekerjaan, anda akan mudah terfokus pada negativitas pekerjaan anda.

1. Beristirahatlah.
Seringkali kita terbawa dengan pekerjaan yang menumpuk hingga makan siangpun kita lakukan di meja kerja. Banyak juga yang suka menahan untuk ke toilet karena merasa harus menyelesaikan pekerjaan. Padahal beristirahat sejenak sangatlah penting bahkan ketika anda mengerjakan tugas dengan batasan waktu mendesak. Keluarlah dari ruangan kerja anda, hirup udara di luar ruangan kerja anda, bergeraklah dan berjalanlah sedikit. Dengan bergerak dan berpindah, sebenarnya anda sudah memberikan tubuh dan pikiran anda untuk relaks. Jika anda tidak bisa meninggalkan ruang kerja anda, paling tidak alihkan sebentar pikiran anda dari pekerjaan. Fokuskan pada hal yang menyenangkan bagi anda. Bahkan anda juga bisa melakukan yoga ringan di bangku kerja anda. Paling tidak pergilah ke toilet, basuhlah wajah anda.

of6
Dengan bergerak dan berpindah, sebenarnya anda sudah memberikan tubuh dan pikiran anda untuk relaks. Jika anda tidak bisa meninggalkan ruang kerja anda, paling tidak alihkan sebentar pikiran anda dari pekerjaan pada hal yang menyenangkan bagi anda.

2. Ciptakan ruang anda sendiri.
Jika anda akan menghabiskan lebih banyak waktu anda di kantor, buatlah kondisi senyaman anda bisa sesuai yang diperbolehkan perusahaan anda. Berikan sentuhan personal pada ruang kerja anda sekecil apapun ruangan tersebut. Jika anda tidak memiliki ruang kerja sendiri, anda juga bisa memberikan sentuhan pada loker ataupun sesuatu di kantor anda yang dapat anda berikan sentuhan personal. Berikan sesuatu yang dapat membuat anda relaks, tersenyum atau bahkan tertawa. 

of2
Jika anda tidak memiliki ruang kerja sendiri, anda juga bisa memberikan sentuhan pada loker ataupun sesuatu di kantor anda yang dapat anda berikan sentuhan personal. Berikan sesuatu yang dapat membuat anda relaks, tersenyum atau bahkan tertawa.

3. Dekatkan diri anda dengan kolega yang positif.
Jika anda sedang mengerjakan tugas yang sulit sendiri, tentunya kita tidak membutuhkan sejawat kerja yang negatif di sekitar kita. Dekatkan diri anda dengan kolega yang dapat meningkatkan mood anda. Jika kita membiarkan diri kita dikelilingi oleh berbagai hal negatif termasuk kolega negatif, kita juga akan lebih mudah menjadi negatif. Orang yang positif akan melahirkan hal-hal yang positif. Coba juga lihat Bye Bye Negative People! Pentingnya Menghilangkan Mereka dari Hidup Anda!

of8
Melakukan liburan tidaklah harus ke luar kota ataupun ke luar negeri. Memberikan waktu 1 jam di spa ataupun menonton film yang sudah lama ingin anda tonton dapat menjadi liburan bagi seseorang. Menjadi seorang pekerja keras dan ambisius tidaklah buruk. Anda hanya perlu menyeimbangkan diri anda saja.

4. Jauhkan diri sementara waktu dari pekerjaan.
Banyak dari kita sering harus melakukan kerja lembur. Bahkan ada yang merasa tidak punya cukup waktu untuk berlibur dan merasa liburan akan membuat diri menjadi tidak produktif. Pada kenyataannya semua orang membutuhkan liburan. Melakukan liburan tidaklah harus ke luar kota ataupun ke luar negeri. Memberikan waktu 1 jam di spa ataupun menonton film yang sudah lama ingin anda tonton dapat menjadi liburan bagi seseorang. Menjadi seorang pekerja keras dan ambisius tidaklah buruk. Anda hanya perlu menyeimbangkan diri anda saja untuk menjauhkan stres kerja yang buruk.

of9a
Happy at Work, Mungkinkah? Ini Tipsnya! Cekidot http://bit.ly/2iBEVfP

Kita mungkin tidak sedang berada dalam pekerjaan dambaan, ataupun masih merangkak dalam kesulitan menuju pekerjaan impian kita. Namun paling tidak kita bisa melakukan yang terbaik di tempat kita berada saat ini. Happy Working!

Advertisements