Liburan seharusnya menjadi saat yang menyenangkan dan menenangkan untuk banyak orang. Namun demikian, banyak juga orang merasa kesulitan untuk menikmati liburan karena situasi yang sedang mereka hadapi. Salah satunya adalah ketika anda sudah bercerai atau berpisah dengan pasangan anda. Musim liburan menjadi tantangan tersendiri, semua orang tampak berlibur bersama keluarga yang tampak utuh.

Ada klien saya mengalami hal ini. Tentu saja dengan tetap menjaga privasi mereka, sekarang mereka menjadi orang yang kuat menghadapi kehidupan. Salah satu hal yang dapat mereka temukan selama sesi konseling adalah kemampuan mereka untuk terus berusaha menemukan hal-hal kecil yang positif, sendiri maupun bersama anak-anaknya.

Berikut adalah beberapa tips menarik yang saya temukan bersama klien-klien saya ketika harus menghadapi liburan ketika sudah bercerai. Mungkin dapat menjadi masukan bagi anda:

hol3
Menikmati liburan setelah berpisah dengan pasangan, kenapa tidak? Lihat saja http://bit.ly/2hfIVPc
  • Jangan terpaku pada tradisi orang kebanyakan. Musim liburan keluarga seringkali menjadi masa terasa sangat kesepian dan memalukan terutama di awal perceraian. Ada kebiasaan-kebiasaan yang tiap tahunnya anda lakukan bersama ketika masih menjadi keluarga ataupun bagian dari keluarga besar pasangan anda. Cara awal paling mudah adalah hindari semua itu daripada berlagak kuat. Coba juga lihat artikel Apa Betul Anda Kuat Secara Mental atau Berlagak Kuat Saja?
hol2
Coba buat cara anda sendiri secara aktif untuk menikmati liburan. Perpisahan ataupun perceraian adalah waktu anda untuk melepaskan masa lalu dan memfokuskan diri pada masa depan.
  • Buatlah rutinitas baru. Tentu saja menghindar bukan cara yang dapat anda gunakan untuk jangka panjang. Coba buat cara anda sendiri secara aktif untuk menikmati liburan. Apalagi jika anak-anak anda misalnya tengah berlibur bersama mantan pasangan anda. Perpisahan ataupun perceraian adalah waktu anda untuk melepaskan masa lalu dan memfokuskan diri pada masa kini. Sekali mencoba mungkin belum tentu langsung pas buat anda, jangan ragu untuk terus mencoba ya.
hol4
Kita mungkin akan merasa kesepian pada poin tertentu masa perpisahan yang kita jalani. Coba rasakan dan lihat sekeliling kita! Anda bisa mencoba membantu tetangga anda yang sudah tua untuk memasakkannya makan siang. Selangkah lebih maju, anda juga bisa menjadi relawan selama masa liburan sendiri. Misalnya di panti asuhan anak cacat atau shelter anjing terlantar.
  • Berbagilah liburan bersama orang lain. Kita mungkin akan merasa kesepian pada poin tertentu masa perpisahan yang kita jalani. Anda merasa aneh dan tidak nyaman dengan kesendirian. Jika anda mau melihat lebih mendalam diri anda, sebetulnya kita tidak pernah sendiri di dunia ini. Coba rasakan dan lihat sekeliling kita! Anda bisa mencoba mengundang teman-teman lama datang ke rumah anda, atau anda bisa membantu tetangga anda yang sudah tua untuk memasakkannya makan siang. Selangkah lebih maju, anda juga bisa menjadi relawan selama masa liburan sendiri anda jika tidak ada anak-anak anda. Misalnya di rumah jompo, panti asuhan anak cacat, panti asuhan bayi ataupun shelter hewan terlantar.
Advertisements