Menjelang datangnya tahun baru, banyak orang mulai berpikir untuk membuat perencanaan langkah-langkah perbaikan ataupun resolusi bagi masalah di tahun sebelumnya. Saya merekomendasikan untuk menyempatkan waktu merefleksikan diri kita selama setahun terakhir ini. Tentu saja jangan terfokus yang negatif saja atau yang positifnya saja ya.

ny4
Sempatkan waktu untuk merefleksikan diri kita selama setahun terakhir ini. Tentu saja jangan terfokus yang negatif saja atau yang positifnya saja ya.

Membuat rencana resolusi di tahun yang akan datang adalah cara yang baik untuk kita menentukan tujuan hidup kita berdasarkan apa yang telah kita lalui dan pelajari di tahun sebelumnya. Penting untuk diingat adalah harus ada komitmen di dalam resolusi. Jika anda belum siap membuat daftar resolusi yang disertai komitmen untuk mengerjakannya, tidak usah jadi terburu-buru. Resolusi tidak harus anda mulai lakukan tanggal 1 Januari tiap tahunnya, sebetulnya anda bisa memulai resolusi diri anda kapan saja.

ny1
Jika anda belum siap membuat daftar resolusi yang disertai komitmen untuk mengerjakannya, tidak usah jadi terburu-buru. Resolusi tidak harus anda mulai lakukan tanggal 1 Januari tiap tahunnya, sebetulnya anda bisa memulai resolusi diri anda kapan saja.

Hidup kita adalah saat ini, bukan kemarin atau tahun lalu. Indahnya hidup pada saat ini adalah kita dapat memulai apapun saat ini jika kita benar-benar menginginkannya. Sebagai contoh, jika kegiatan saya hari ini tidak berjalan sesuai rencana dan saya menjadi stres, saya dapat berhenti mengerjakannya, menarik nafas dan memulai lagi. Saya tidak perlu menunggu hingga besok pagi, minggu depan atau bulan depan untuk memulainya lagi. Saya dapat memulainya kapan saja saya butuhkan. Oleh karena itu, jika anda merasa membutuhkan waktu untuk menentukan resolusi yang ingin anda lakukan, lakukan secara perlahan daripada terburu-buru membuat daftar yang kemudian malah menjadi beban hidup anda.

The word New Year's resolution written on the blackboard with blank notes
Jika anda merasa membutuhkan waktu untuk menentukan resolusi yang ingin anda lakukan, lakukan secara perlahan daripada terburu-buru membuat daftar yang kemudian malah menjadi beban hidup anda.

Inilah beberapa masukan yang dapat berguna ketika anda ingin membuat resolusi tahun baru anda:

  • Berikan waktu untuk merefleksikan perjalanan anda setahun terakhir ini. Dalam sebuah kertas atau aplikasi seperti Google Keep, buatlah daftar dengan 2 kolom; kolom pertama mengenai hal-hal yang sudah berjalan dengan baik dan mengapa bisa berjalan dengan baik. Pada kolom kedua, tuliskan hal-hal yang sebaliknya, yaitu yang tidak berhasil anda lakukan dan tuliskan juga sebabnya. Pertimbangkan apa yang perlu dilanjutkan, dihentikan maupun yang akan anda mulai tahun depan.
  • Pastikan resolusi yang anda buat untuk diri anda sendiri dapat anda lakukan dan realistis.
  • Untuk tiap resolusi, buat rencana pengerjaannya dan sumber apa saja yang dapat membantu anda mewujudkan tujuan anda.
ny3
Bersabarlah, jujur dan peduli pada diri anda sendiri. Jika memang anda sudah berusaha secara sungguh-sungguh mengerjakan tujuan anda, terimalah kondisi sulit yang mungkin anda hadapi ketika mengerjakannya.
  • Berikan batasan waktu pada tiap rencana resolusi agar anda tetap berjalan pada jalur anda. Namun, jika pada saat anda mengerjakan resolusi dan anda membutuhkan tambahan waktu, ya tidak mengapa, fleksibel saja.
  • Bersabarlah, jujur dan peduli pada diri anda sendiri. Jika memang anda sudah berusaha secara sungguh-sungguh mengerjakan tujuan anda, terimalah kondisi sulit yang mungkin anda hadapi ketika mengerjakannya.
Advertisements