Banyak atau sedikit dari kegiatan kita setiap harinya tidak lepas dari kebosanan. Ada saja yang membuat kita merasa bosan. Entah rutinitas, kemacetan, antrian ataupun keluhan dari pasangan maupun anak anda. Satu hal kecil bisa menjadi sumber kebosanan bagi seseorang, dan seringkali kita tidak dapat melarikan diri dari berbagai situasi membosankan tersebut. Perasaan membosankan yang didiamkan terlalu lama, dapat membuat seseorang menjadi stres, pemarah, cemas ataupun merasa kesulitan berpikir jernih. Ada satu hal pula yang penting untuk memahami kebosanan anda, yaitu dengan membentuk ulang emosi-emosi anda. Maksudnya? Lihat tips di bawah ini ya:

bo1
Hal yang penting untuk memahami kebosanan, yaitu dengan membentuk ulang emosi-emosi anda. Maksudnya? Lihat http://bit.ly/2fw7qb2

1. Cari tahu lebih mendalam. Ada kalanya kita memang harus melakukan suatu hal yang membosankan dan tidak dapat dihindari. Jika hal tersebut untuk 5 menit sudah membosankan, kerjakan terus untuk 10 menit. Jika masih terasa membosankan juga, tambahkan 15 lagi dan seterusnya. Sampai akhirnya anda tidak akan merasa bosan lagi. Misalnya anda harus membaca buku membosankan terkait dengan tugas anda. Awalnya anda sudah merasa bosan, lanjutkan saja hingga anda dengan sendirinya menjadi paham isi buku tersebut.

bo2
Jika anda rajin mengasah kemampuan analitis anda, hampir segala hal di sekitar anda akan menjadi menarik loh! Simak saja di http://bit.ly/2fw7qb2

2. Cobalah untuk melihat dari perspektif yang berbeda. Perhatikan dan pelajari sekitar anda. Misalnya apa yang orang lain gunakan atau kenapa orang lain bertingkah laku berbeda dengan anda ketika menghadapi hal yang sama, perhatikan seperti apa interior gedung tempat anda bekerja, suara apa yang sering anda dengar di lingkungan tempat anda tinggal. Jika anda rajin mengasah kemampuan analitis anda, hampir segala hal di sekitar anda akan menjadi menarik loh!

3. Temukan sesuatu yang menyenangkan di luar rutinitas anda. Rubahlah rute mental anda secara teratur. Pikirkan tentang sesuatu yang menyenangkan di luar perencanaan anda. Misalnya ketika sedang mengerjakan tugas membosankan di kantor, sempatkan lihat foto-foto lucu tingkah anak anda.

 

bo5
Temukan sesuatu yang menyenangkan di luar rutinitas anda. Rubahlah rute mental anda secara teratur. Pikirkan tentang sesuatu yang menyenangkan di luar perencanaan anda. Misalnya ketika sedang mengerjakan tugas membosankan di kantor, sempatkan lihat foto-foto lucu tingkah anak anda.

4. Carilah sisi untuk merasa bersyukur. Ingatkan diri anda ketika merasa bosan menunggu antrian, misalnya ketika anda sedang menunggu antrian meja di suatu restoran bersyukurlah bahwa anda sedang tidak menunggu antrian bertemu dokter yang akan mendiagnosa penyakit anda yang sepertinya berat.

5. Pertimbangkan siapa yang merasa bosan. Adakalanya kita menjadi bosan ketika kita bersama orang yang membosankan. Jadi bukan anda yang merasa bosan kan!

bo3
Bawalah buku kemanapun anda pergi. Cobalah mulai untuk membawa buku kemanapun anda pergi. Membaca buku dapat meningkatkan fokus anda dan daya ingat anda. Tentu saja, menghilangkan kebosanan anda.

6. Bawalah buku kemanapun anda pergi. Cobalah mulai untuk membawa buku kemanapun anda pergi. Membaca buku dapat meningkatkan fokus anda dan daya ingat anda. Tentu saja, menghilangkan kebosanan anda.

7. Meditasilah di manapun anda berada. Jika anda tidak sabar ketika menunggu bis anda tiba, katakan pada diri anda bahwa anda sedang melakukan “meditasi menunggu bis”. Atau jika sedang menunggu antrian di apotik anda katakan “meditasi mengantri”. Dengan mengatakan hal pada diri anda secara terus menerus hingga aktivitas membosankan anda selesai, anda akan merasa lebih tenang dari biasanya. Coba saja!

Apakah anda memiliki ide lain untuk mengatasi kebosanan? Silahkan diskusikan bersama kami. Jika tips di atas terasa sulit ataupun tidak dapat menjawab rasa bosan anda yang luar biasa, mungkin ada masalah berat yang melatarbelakangi kebosanan anda. Hubungi saja psikolog terdekat anda dan konsultasikan masalah anda.

Advertisements