Berapa lama anda menggunakan smartphone anda dalam satu hari? Mungkin anda akan kaget dengan jawabannya. Menurut penelitian psikologis beberapa universitas di Inggris tahun 2015, orang dewasa muda antara usia 18-33 tahun sudah menggunakan smartphone  nya dua kali lebih lama daripada yang mereka yakini.

Sebenarnya saya juga mengandalkan beberapa kebutuhan saya pada smartphone, seperti untuk memeriksa email, membuat jadwal kerja dengan google calendar atau mengetahui arah jalan dengan waze. Tidak dipungkiri jika kini hampir semua hal dapat dilakukan ujung jari anda, namun mengkhawatirkan juga jika kita sangat bergantung pada smartphone. Bagaimana dengan kehidupan di luar smartphone kita ya? Hayo mulai gunakan smartphone anda secara terkontrol, sehingga bukan anda yang dikontrol smartphone anda. Bagaimana caranya? :

s3
Jika anda selalu memegangi smartphone, anda akan kehilangan proses pertukaran informasi, perasaan serta komunikasi tatap muka yang menyehatkan secara mental. Maksudnya? Cekidot http://bit.ly/2ffI9lp

1. Begitu anda bangun di pagi hari, jangan periksa smartphone anda. Hal ini sangat umum dilakukan banyak orang, anda baru membuka mata, masih tiduran kemudian langsung mengambil smartphone. Anda langsung melihat belasan email ataupun pemberitahuan berita dan siapa yang me-like foto instagram anda. Hal ini dapat membuat anda memulai hari dengan stres yang seringkali terbawa hingga sepanjang hari anda. Mungkin anda dapat mencoba merubah pola ini dengan membuat perubahan kecil. Misalnya ketika baru membuka mata, ucapkan rasa syukur untuk segala kebaikan yang anda miliki saat ini. Atau luangkan 5 menit saja untuk melakukan meditasi.

2. Katakan pada diri anda: jika saya tidak pegang, maka saya tidak akan memikirkannya. Ketika anda sedang bersosialisasi bersama teman, keluarga ataupun sejawat anda di luar jam kerja, masukkan smartphone anda dalam tas atau kantong baju anda. Kemudian berikan diri anda waktu untuk memeriksa smartphone anda paling cepat tiap 15 menit. Jika anda selalu memegangi smartphone, anda akan kehilangan proses pertukaran informasi, perasaan serta komunikasi tatap muka yang menyehatkan secara mental.

s4
Uninstall aplikasi yang sesungguhnya tidak anda butuhkan. Kontrol hidup anda dari smartphone. Maksudnya? http://bit.ly/2ffI9lp

3. Hentikan penggunaan smartphone menjelang waktu tidur anda. Pada malam hari, tentukan waktu untuk berhenti dari penggunaan smartphone ataupun berinternet melalui komputer anda dan mulai koneksikan diri anda dengan lingkungan sekitar anda; kondisi rumah anda, anak, ataupun pasangan anda. Lakukan paling tidak 2 jam sebelum waktu tidur anda. Jika anda tidak ingin mematikannya, paling tidak berikan night mode pada smartphone anda.

4. Uninstall aplikasi yang sesungguhnya tidak anda butuhkan. Jika anda memberikan batasan waktu untuk diri anda tetapi kesulitan untuk menepatinya, mudah saja sebenarnya. Langsung saja buang aplikasi yang membuat anda harus terus menerus membukanya atau game online yang tidak dapat anda hentikan memainkannya.

s6
Ingatkan diri anda bahwa smartphone hanyalah sebuah alat bantu, bukan keseluruhan hidup anda. Coba lihat: http://bit.ly/2ffI9lp

5. Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi parental controls untuk diri anda sendiri. Misalnya gunakan aplikasi disable ketika anda ingin mengirimkan pesan singkat pada saat sedang menyetir.

6. Ingatkan diri anda bahwa smartphone hanyalah sebuah alat bantu, bukan keseluruhan hidup anda. Jika sesekali tertinggal di rumah apalagi pada saat akhir minggu sebenarnya dunia tidak akan langsung kiamat. Memiliki alat komunikasi memang penting di zaman sekarang, tetapi bukanlah suatu kewajiban untuk dipegangi secara terus-menerus seperti kebanyakan orang.

Jika hal-hal di atas sulit anda lakukan, hati-hati ya, bisa jadi anda sudah dikontrol  smartphone anda!
Lihat juga artikel tentang Social Media Anxiety

Advertisements