Menyayangi diri sendiri dan memperhatikan kebutuhan diri sendiri sangatlah penting. Seringkali seseorang hanya berusaha memperhatikan orang-orang disekitarnya tanpa memperdulikan diri sendiri hingga jatuh sakit atau kehabisan uang hingga harus berhutang mengatasnamakan kepentingan orang lain yang lebih membutuhkan. Pengorbanan untuk kebaikan bersama dengan pengorbanan untuk menjerumuskan diri sangatlah penting untuk diperhatikan perbedaannya. Yuk pelan-pelan mulai untuk mencintai diri dan memperhatikan diri anda! Ini tips nya:

  • Secara aktif dengarkan kata hati anda.
    Kedengarannya mungkin mudah, tetapi banyak orang mengalami kesulitan untuk mendengarkan apalagi memahami kata hati yang sebenarnya dapat memperkuat intuisi anda. Anda dapat mempelajarinya dengan mengatakan dalam hati maupun secara verbal pada diri sendiri dengan mengakui hal-hal tersebut ataupun kondisi yang sedang anda hadapi. Misalnya: “minggu ini pekerjaan sedang banyak sekali, rasanya lelah luar biasa”. Membuat kalimat tentang apa yang kita rasakan dapat membuat diri anda terkoneksi dengan intuisi anda secara perlahan.
  • Nikmati hal-hal kecil yang anda sukai.
    Jangan anggap enteng hal-hal kecil yang anda alami setiap harinya, dan jangan biarkan hal-hal tersebut berlalu begitu saja. Jangan biarkan pada akhir hari, anda hanya merasa kelelahan dan kesal. Contohnya misal anda merasa nyaman ketika mendengarkan sesaat suara anak anda yang terekam dalam hp anda dan anda memiliki ritual mendengarkannya ketika tiba di kantor, ya lakukan saja.
  • Perlambat gerak anda, kurangi terburu-buru.
    Cobalah untuk melakukan ritual harian anda dengan lebih lambat dari biasanya. Mungkin hal ini seringkali membuat banyak orang tidak sabaran, tetapi hal ini dapat meningkatkan kesabaran anda pada diri anda sendiri. Misalnya, biasanya ketika bangun di pagi hari anda terburu-buru mandi, cobalah untuk secara perlahan bangun dari tempat tidur anda dengan menyempatkan duduk sebelum beranjak dari tempat tidur.
take-gentle-care-of-yourself
Menertawakan kesalahan diri sendiri merupakan bagian dari mencintai dan menerima diri anda apa adanya. Maksudnya? Lihat http://bit.ly/2dl8nnj
  • Buatlah momen berharga ketika sendiri maupun bersama orang terdekat.
    Tentukan hal-hal apa saja yang membuat anda bahagia ketika anda seorang diri dan ketika anda bersama orang lain, bedakan ya. Penting diingat, momen berharga ketika kita sendiri tidaklah harus ditunggu dan berasal dari momen hebat. Begitu juga ketika kita bersama orang lain, tidak harus selalu berhubungan dengan misalnya besarnya cincin berlian yang dibelikan pasangan anda. Namun momen kecil yang dapat anda rasakan dalam hati anda dan hanya dapat dirasakan oleh anda dan orang terdekat anda tersebut.
  • Membuat prioritas penting bagi hidup anda.
    Buatlah prioritas paling tidak 3 hal yang harus anda lakukan 1 hari. Misalnya: tidur 7 jam, berolahraga 1 jam dan menelpon anak anda setiap jam makan siang. Lakukan secara berkala dan jangan anda kompromikan. Jika anda mengkompromikan prioritas harian anda, hal ini dapat mengganggu kesehatan mental-fisik dan tentu saja keefektifan anda menghadapi hidup anda sendiri.
  • Refleksikan keseharian anda: Bersyukur.
    Berikan waktu paling tidak 5 menit dalam 1 hari untuk merefleksikan keseharian anda. Apa saja hal-hal kebaikan yang sudah anda lakukan dan hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Penting untuk diingat, merefleksikan keseharian tidak sama dengan mengkritik tajam diri sendiri ataupun hanya memuji perbuatan diri sendiri saja ya.
practiceself-care
Memperhatikan kesejahteraan diri sendiri tidaklah sama dengan bersikap egois. Kenapa begitu? Lihat http://bit.ly/2dl8nnj
  • Menertawakan kesalahan diri sendiri.
    Dalam hidup kita tidak luput dari melakukan kesalahan, walaupun juga jangan terlalu mudah melakukan kesalahan dengan perilaku sembrono. Namun, masih banyak orang merasa malu menertawakan kesalahannya sendiri bahkan menutup-nutupi kesalahan manusiawi yang dibuat. Kejujuran pada kondisi diri sendiri dapat mengembangkan kemampuan menghargai diri sendiri.
  • Mengadopsi hewan untuk dipelihara.
    Mungkin ini bukan untuk semua orang, penting untuk diingat, memelihara binatang membutuhkan dedikasi dan harus dipikirkan secara matang sebelum melakukannya.  Membuang binatang peliharaan adalah salah satu perbuatan keji dan tidak sehat secara mental, yang menunjukkan ketidakmampuan kita untuk menyayangi diri kita sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Sudah banyak penelitian psikologi yang menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu manusia untuk lebih menyayangi diri sendiri.
remember-to-practice-self-care-1
Membuang binatang peliharaan adalah salah satu perbuatan keji dan tidak sehat secara mental, yang menunjukkan ketidakmampuan kita untuk menyayangi diri kita sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Lihat http://bit.ly/2dl8nnj
Advertisements