Apakah tips liburan bagian pertama menarik untuk dicoba? Mengapa tidak mencoba tips berikut ini juga:

5. Cobalah untuk tidak selalu mengandalkan peta.
Paling tidak satu hari dari liburan anda cobalah untuk sedikit mengembara. Berhenti gunakan semua alat bantu navigasi. Tidak usah membuat rencana pada hari tersebut. Pakai saja sepatu anda yang paling nyaman untuk berjalan. Ketika pikiran anda terbebas dari suatu tempat dan tujuan, anda akan berada dalam cara berpikir yang lebih baik bagi pengalaman baru. Ingat-ingat saja pengalaman terbaik anda ketika liburan. Apakah ketika anda baru merasakan sejuknya air di pantai tempat anda berlibur? Atau ketika anda menemukan sesuatu yang tak terduga hingga rasanya anda ingin berada di tempat itu seharian? Memori yang seringkali tak terlupakan adalah apa yang hati anda rasakan daripada foto liburan anda. Jadi, mengapa tidak mencoba gunakan peta sesedikit mungkin atau mungkin tidak perlu anda gunakan. Beri diri anda pengalaman psikogeografis untuk mendapatkan momen-momen tak terduga. Toh jika anda semakin jauh tersasar, anda bisa kembali ke hotel dengan taksi ataupun menelpon orang dari hotel anda untuk menjemput.

e0aeade9c31ddeb85344cff609e395c6

6. Berhenti bergerak.
Misalnya anda tahu mengenai sebuah objek wisata yang hanya beberapa blok dari hotel tempat anda menginap. Anda menyiapkan peta dan sudah memiliki gambaran untuk menuju tempat tersebut. Kemudian anda mulai berjalan ke arah objek wisata tersebut. Cobalah untuk berhenti secara acak sebelum sampai di tujuan. Sekedar untuk duduk dan berdiam diri memperhatikan semuanya. Jangan bergerak hingga anda merasa sudah memperhatikan semuanya. Pelan-pelan saja, beri diri anda waktu untuk menyerap sekeliling anda. Hal ini dapat membuka indera dan intuisi anda. Selalu ada pencerahan dimana-mana, yang seringkali muncul secara tak terduga.

Garfield-VacationTime

7. Berbicara pada orang asing.
Satu hal menarik ketika liburan adalah bertemu orang baru. Banyak orang ketika ingin mencoba mendekati orang asing di tempat baru mengalami banyak keraguan. Salah satu cara paling baik adalah iseng saja bertanya. Misalnya ketika anda mengunjungi suatu objek wisata, anda bisa mencoba bertanya pada penduduk setempat atau orang lain yang berkunjung juga mengenai situasi yang ada saat itu. Tidak perlu menjadi ragu ketika jawaban yang anda dapatkan adalah jawaban dingin, yang paling penting anda telah mempelajari hal baru dan terhubung dengan sekeliling anda.

8. Mulai membuat foto perjalanan, bukan foto anda selama dalam perjalanan.
Rasanya hampir semua orang akan berfoto selama liburan. Kita ingin berbagi pengalaman liburan kita dengan teman-teman secara langsung maupun melalui sosial media ketika kita masih menjalani liburan tersebut. Hal ini dapat menurunkan kepekaan terhadap diri sendiri dan lingkungan sekeliling kita, karena objek foto hanya selalu mengenai diri kita. Beri satu hari dalam liburan anda bersama kamera anda dengan tema-tema tertentu. Misalnya street art, bayangan, benda berwarna merah yang anda lihat dan lain sebagainya. Objek-objek foto tersebut akan membuat anda memiliki cara baru untuk melihat dan merasakan sekitar anda.

Beri satu hari dalam liburan anda bersama kamera anda dengan tema-tema tertentu.
Beri satu hari dalam liburan anda bersama kamera anda dengan tema-tema tertentu. Untuk mengetahui Tips Berlibur lebih jelas, buka http://bit.ly/2baMN44

9. Perhatikan, rasakan semua indera anda.
Manusia adalah makhluk visual, 90% informasi yang diterima otak manusia berupa bentuk visual. Manusia sangat mengandalkan sensasi visual untuk menemukan jalan, mengeksplorasi sesuatu dan mendapatkan pemahaman tentang dunia. Namun tidak dipungkiri jika dunia dipenuhi dengan berbagai hal menarik berupa suara, penciuman, taktil (perabaan, sentuhan). Ketika anda berlibur, cobalah menjelajahi suatu tempat tetapi kurangi penggunaan mata anda dan coba fokus pada sensasi indera yang lain. Apakah anda dapat mengenalinya tanpa melihat? Anda tahu darimana asal bau tersebut? Sentuhlah sesuatu jika dapat anda lakukan dengan aman tentu saja, misal sentuhlah tekstur makanan yang hendak anda coba atau bangunan yang anda kunjungi. Pengalaman ini dapat membuka dan meningkatkan kemampuan indera anda yang akan memberikan pemahaman baru dalam anda berpikir dan merasakan.

Blackboard with holiday text on the beach
Ketika anda berlibur, cobalah menjelajahi suatu tempat tetapi kurangi penggunaan mata anda dan coba fokus pada sensasi indera yang lain. Pahami lebih lanjut pada http://bit.ly/2baMN44
Advertisements