Hai mbak Anindya, saya itu susah sekali ya berhenti berbohong. Sering banget ga niat bohong tapi akhirnya tetap jadi bohong. Dulu kalo berbohong suka jadi ga enak hati tetapi sekarang makin terbiasa ya. Tapi saya takut mbak, saya merasa ga bisa memberhentikan bohong saya sendiri. Ga enak sekali perasaan saya sama pasangan dan teman dekat saya. Bagaimana ya mbak, saya bisa berhenti gak ya?
(Helen, 25 tahun, desainer)

lying2
Compulsive liars seringkali berbohong hampir dikeseluruhan aspek kehidupan mereka, kecil maupun besar. Bagi Compulsive Liars, memberitahukan kebenaran adalah hal yang aneh dan tidak nyaman sedangkan berbohong menimbulkan rasa nyaman.

Hai Helen, dua hal  hebat dari diri anda adalah anda dapat mengenali kondisi diri anda. Kebiasaan suka berbohong secara terus-menerus/kompulsif (dalam psikologi biasa disebut Compulsive Liar, Habitual Liar atau Chronic Liar). Compulsive liars atau pembohong kompulsif didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki kebiasaan berbohong. Berbohong menjadi rutinitas normal dan sudah dilakukan secara refleks. Compulsive liars seringkali berbohong hampir di keseluruhan aspek kehidupan mereka, kecil maupun besar. Bagi Compulsive Liars, memberitahukan kebenaran adalah hal yang aneh dan tidak nyaman sedangkan berbohong menimbulkan rasa nyaman. Berita baiknya, Compulsive Liars tidak manipulatif ataupun dilakukan secara licik (biasanya pada sosiopat yang bentuk kebohongannya disebut Pathological Lying: tentang ini akan dibahas dalam pos lain), jadi Compulsive Liars melakukan kebohongan lebih karena kebiasaan yang menjadi perilaku otomatis yang dapat merusak hubungan seseorang dengan lingkungan terdekatnya.

Yang kedua, anda juga memiliki keberanian untuk mencari bantuan untuk memahami kondisi yang anda alami. Banyak sekali orang yang suka berbohong dan tidak memiliki niatan untuk berubah. Untuk mereka, berbohong sudah menjadi gaya hidup, yang dilakukan dengan sengaja karena mereka ingin menampilkan kesan tertentu. Mereka merasa tidak ada yang salah dan tidak memerlukan bantuan akan kondisi mereka, apalagi hingga berkunjung ke psikolog.

Namun hal ini tidak berlaku untuk anda. Anda ingin dibantu, anda ingin berubah. Anda tidak menyukai kondisi kebohongan yang sudah memberikan dampak negatif pada kehidupan anda maupun kehidupan orang lain di sekitar anda. Anda pun sudah tahu konsekuensi dari perilaku anda dan anda sudah lelah menghadapinya. Dari sudut pandang saya, anda memiliki harapan yang jauh lebih baik.

Anda mengatakan bahwa anda sudah merasa kesulitan untuk memberhentikan kebiasaan anda berbohong. Jika begitu, segera kunjungi psikolog terdekat yang dapat anda percaya. Psikolog juga akan dapat membantu anda untuk memahami latar belakang dari kondisi compulsive lying  yang anda alami. Karena pada tiap individu, bisa sangat berbeda dan beragam mengapa seseorang mengalami compulsive lying.

Jika anda dan pembaca blog ini masih memiliki pertanyaan lanjutan tentang psikoterapi untuk kondisi compulsive lying. 
Hubungi kami di: twitter-22 email line facebook2

Advertisements