Mbak Anindya, saya belum pernah ke psikolog. Sebetulnya saya ingin ke psikolog karena lingkungan saya sepertinya ga gitu paham masalah saya dan cenderung gampangin. Tapi saya ga nyaman sebetulnya kalo harus berbicara sama orang asing yang belum saya kenal tentang masalah saya secara mendalam apalagi ada hal-hal yang peka sekali. Saya sadar juga kalo psikolog kan bekerja secara profesional. Mulainya bagaimana mbak? Padahal banyak yang ingin saya tanyakan.
(Michael, 32 tahun, manajer)

caps-ears-ad_slide
Banyak orang masih merasa tidak nyaman untuk datang ke psikolog pertama kali. Sebelum menemui psikolog yang anda tuju, carilah informasi terlebih dahulu tentang mereka maupun apa yang anda harapkan dari mereka. Hal ini dapat membantu menurunkan ketidaknyamanan anda.

Hai Michael,
email anda ini sangatlah berani. Saya salut sekali. Masih begitu banyak orang tidak berusaha mengenali masalah pada dirinya sendiri. Bahkan tidak sedikit pula yang takut mengenali hingga mengakui masalah mereka, dari masalah kecil hingga besar sekalipun. Sedangkan anda sudah satu langkah lebih maju daripada orang-orang tersebut. Melalui email anda ini, rasanya anda sudah tidak membutuhkan kekuatan dorongan lagi untuk mengunjungi psikolog, email anda ini sudah menunjukkan keberanian dan rasa penasaran anda untuk memahami diri anda sendiri.

Mungkin anda khawatir jika nanti ketika mengunjungi psikolog anda mengalami kesulitan menyampaikan maksud anda, karena mungkin anda menjadi tegang atau bingung dan melupakan apa yang hendak disampaikan pada psikolognya. Anda tidak usah khawatir, psikolog sudah mendapatkan pelatihan serta pengalaman untuk membuat kliennya merasa nyaman dan terbantu dari menit pertama anda datang.  Anda juga bisa menyiapkan tulisan anda sendiri mengenai hal-hal yang berkaitan tentang masalah yang ingin anda sampaikan ke psikolog jika anda merasa takut ada yang tertinggal untuk ditanyakan. Anda juga tidak harus menunggu sampai permasalahan diri anda menjadi berat untuk datang ke psikolog hingga menghambat anda menjalani kehidupan anda sehari-hari.

Ada orang mendatangi psikolog pertama kali dan langsung merasa cocok dan terbantu, terkadang ada juga orang yang harus menemui beberapa psikolog baru merasa cocok. Hal ini merupakan proses pembelajaran bagi anda untuk menentukan apa yang terbaik untuk diri anda bukan? Jadi jangan menyerah jika ternyata anda belum cocok dengan satu psikolog untuk mencoba dengan psikolog lainnya. Sebenarnya sama seperti anda mengunjungi dokter, misalnya dokter kulit untuk menangani jerawat anda yang tak kunjung sembuh. Anda pasti akan mencoba mendatangi dokter lainnya untuk mendapatkan kecocokan dan kesembuhan, kan?

Mendatangi psikolog merupakan langkah penting bagi anda untuk menjadi orang yang anda inginkan dan membuat hidup anda berharga untuk dijalani. Tidak ada hadiah yang lebih berharga yang dapat anda berikan pada diri anda daripada memahami dan nyaman dengan diri anda sendiri. Hal ini akan menjadi hadiah yang berharga juga untuk orang-orang terdekat anda yang juga akan merasakan manfaatnya ketika anda mengalami perubahan positif. Good Luck!

