Apa sih sebenarnya lucid dream itu?
Apakah lucid dream itu kelainan psikologis atau bagaimana ya?
( Jessica, 30 Tahun, pegawai swasta )

Hello Jessica, yang dimaksud dengan Lucid Dream adalah kondisi dimana seseorang dapat mengingat, menyadari hingga menjalankan bahkan ada yang mengontrol mimpi mereka ketika tidur. Kelihatannya saat ini fenomena Lucid Dream ini sedang naik daun ya, bahkan aplikasi smartphone nya pun ada. Hal ini sepertinya terjadi karena semakin sulitnya orang untuk dapat mengungkapkan perasaan, merealisasikan cita-cita, beratnya masalah hidup hingga hal-hal yang ingin dilakukan di dunia nyata tetapi sulit dilakukan terbentur dengan situasi dan kondisi ataupun norma masyarakat.

Lucid Dream bukan suatu gangguan psikologis yang dialami seseorang, sayangnya hingga saat ini  belum banyak penelitian psikologis mengenai dampak negatif  maupun positifnya melakukan Lucid Dream. Pengalaman orang-orang yang sudah melakukannya begitu positif terutama untuk menghentikan kemunculan mimpi buruk yang terus-menerus. Namun, penting untuk ditekankan jika anda mengalami mimpi buruk setiap malam lebih baik temui dokter atau psikolog anda sebelum melakukan Lucid Dream, cukup berbahaya rasanya jika berusaha melakukan kontrol terhadap gambaran buruk yang ada dalam mimpi anda tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu pada saat kita tidak tidur. Begitu juga bagi penderita gangguan tidur lainnya dan gangguan mood harus berhati-hati sekali jika ingin melakukan Lucid Dream ini karena keduanya terkait dengan membenahi tidur REM. Karena menurut penelitian baru-baru ini; Lucid Dream muncul dalam kondisi tidur REM, jika ingin lebih jelas tentang tahapan tidur yang terbagi menjadi 4 tahapan bisa membaca; The Four Stages of Sleep.

Sleep Cycle
Sleep Cycle

Tahap REM ini memfasilitasi ingatan emosional seseorang. Jika kita mengganggu satu-dua kali  fungsi normal REM kita ketika tidur, hal tersebut masih dalam batas kewajaran, namun jika dilakukan secara terus-menerus melakukan Lucid Dream dapat merusak fungsi normal tidur REM kita, artinya anda dapat merasa sangat lelah dalam kondisi bangun anda. Hal ini mungkin sekali terjadi, namun perlu diteliti lebih mendalam sebelum mendukung maupun kontra bahwa Lucid Dream dapat berguna betul bagi kesehatan mental seseorang.

Jika pembaca blog ini ada yang sudah ahli maupun baru melakukan Lucid Dream, kabari kami ya, kami akan senang sekali jika dapat berbagi pikiran bersama anda.

Advertisements